Senin, 28 September 2015

CHAMPS MINGGU KE 3



CHAMPS MINGGU KE-3
Hay Guyss… saya Ajeng Mutiara ingin bercerita tentang kegiatan champs di minggu ke-3 ini. Semakin lama, semakin seru nih kegiatannya. Selain itu, kegiatan CHAMPS 2015 ini juga mampu menambah wawasan para mahasiswa baru UISI. Semakin lama, semakin kental pula kebersamaan dan kekeluargaannya. Guys, ingin tahu kegiatan-kegiatan apa saja yang disajikan panitia CHAMPS untuk peserta CHAMPS di minggu ke-3 ini ??? Yukk… Check it out….
            Pada hari ini tanggal 27 September 2015, CHAMPS di minggu ke-3 ini seru lhoo… Hal ini dikarenakan pada hari ini kita disajikan dengan materi yang asik. Materi tersebut adalah tentang “Komunikasi Efektif”.  Apakah yang dimaksud dengan komunikasi efektif ???
            Komunikasi efektif adalah suatu proses pertukaran informasi antarindividu melalui suatu sistem yang baik dengan symbol,sinyal,perilaku atau tindakan tanpa membuang-buang kata sehingga si pendengar atau lawan bicara mampu menangkap dan mengerti apa yang kita sampaikan.
            Adapun fungsi-fungsi komunikasi, yaitu :
1.      Mencapai pengertian satu sama lain
2.      Membina kepercayaan
3.      Mengkoordinir tindakan
4.      Merencanakan strategi
5.      Berbagi rasa
6.      Dll.
Dalam hal komunikasi pasti ada suatu hambatan yang menghambatan proses komunikasi baik itu antarindividu dengan individu,kelompok dengan kelompok, dan kelompok dengan individu. Hambatan-hambatan yang menghambat proses komunikasi tersebut, yaitu :
1.      Latar belakang
2.      Bahasa
3.      Sikap
4.      Waktu
5.      Lingkungan
6.      Sibuk dengan diri sendiri
7.      Sibuk dengan masalah-masalah eksternal
8.      Faktor kawan atau lawan
9.      Mendengar yang diharapkan
10.  Dll.
Di dalam berkomunikasi pasti harus ada tata cara atau tips agar proses komunikasi tersebut mampu berjalan dengan efektif. Adapun tips-tips tersebut adalah :
1.      Gunakan umpan balik
2.      Saluran komunikasi yang banyak
3.      Mengenali siapa penerima pesan
4.      Komunikasi tatap muka
5.      Menyadari dampak bahasa tubuh
6.      Menanggapi isi pembicaraan
7.      Sopan dan wajar
8.      Mengendalikan emosi
9.      Tawarkan untuk menjalani hubungan selangkah lebih maju, dll.
Nah itu tadi sekilas materi yang disajikan oleh kakak-kakak panitia untuk peserta CHAMPS Guys. Bermanfaat banget ya Guys… Namun hari ini tidak hanya pemberian materi aja nih. Hari ini kita sebagai peserta CHAMPS diperintahkan untuk melakukan debat dengan kelompok lain. Dan tema dari debat kami adalah “ DPR Indonesia VS DPR Tandingan” Guys.
Waahh berbicara dan membahas tentang debat, kegiatan ini seru juga nih Guys. Karena kita dilatih untuk berani memberi pendapat,sanggahan,dan penolakan terhadap situasi yang ada. Selain itu, kegiatan ini juga mampu mengeksplor pengetahuan kita dalam berfikir untuk menghadapi permasalahan yang disajikan. Meskipun kegiatan ini isinya hanya berdebat dan saling membantah, namun kelompok kita dengan kelompok lawan tetap akur lhoo.
Sekian dulu ya cerita dariku Guys. Nantikan terus kelanjutan kegiatan CHAMPS 2015 UISI di minggu-minggu berikutnya ya. Terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar